Go to ...

DAI KEMBAR

Dunia Ilmu Pengetahuan Islam dan Umum

RSS Feed

Sejarah singkat al-Qur’an


Sejarah Ringkas Al-Qur’an

Dalam beberapa hal tertentu ayat Qur’an turun dengan terperinci tetapi sebagian lain uraiannya dijelaskan oleh Nabi saw dan untuk pengembangan Qur’an di sini Nabi sendirilah yang menjadi pelopornya kemudia oleh para sahabat, tabi’in, dan Atbaut tabi’in.
Secara ringkas sejarah Al-Quran ini mengalami dua masa periode perkembangan, yaitu:
a. Masa Rasulullah ketika di Mekkah, masa ini berlangung sejak beliau menerima Al-Qur’an dan mulai diangkat resmi menjadi Rasul yaitu tanggal 17 Ramadhan (6 Agustus M), mulai saat itu Qur’an terus berangsur turun sampai beliau hijrah ke Madinah tanggal 1 Rabiul Awwal di saat Nabi berusia 53 tahun (16 Juli 622 M). Masa/periode Mekkah ini berlangsung kurang lebih 12 ½ tahun.
b. Masa Rasulullah ketika di Madinah, yang dimulai sejak Rasul saw. hijrah ke Madinah sampai beliau wafat pada tanggal 13 Rabiul Awwal tahun 11(8 Juni 632 M), masa ini berjalan selama kurang lebih 10 tahun, dan selama itu pula keadaan Al-Qur’an semakin lengkap dan ketika Rasul wafat pun keadaan Al-Qur’an sudah sangat lengkap hingga tak terdapat kekurangan sesuatu apapun.
Pada masa itu ayat-ayat Qur’an telah ditulis secara lengkap oleh para shahabat, sebab setiap turun ayat Rasulullah membacakan di hadapan mereka, lalu memerintahkan kepada shahabat agar menuliskannya .kepada alat-alat tulisyang ada pada waktu itu, di antara penulis itu adalah: Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zain bin Tsabit, Tsabit ibnu Qais, Amir ibnu Fuhairah, Ubay bin Kaab, dan banyak lagi yang lainnya.
Di samping itu ada pula beberapaorang shahabat yang menulis dan menghapal seluruh ayat Al-Qur’an, seperti di samping Khalifah yang empat juga Thalhah, Sa’ad, Hudzaifah, Abu Hurairah, Abdullah bin Mas’ud, Muadz bin Zabal, dan banyak lagi.

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    sejarah ringkas al-quransejarah ringkas nuzul al-quransejarah singkat al quran

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More Stories From Ushul Fiqih

admin

About admin

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.