Go to ...

DAI KEMBAR

Dunia Ilmu Pengetahuan Islam dan Umum

RSS Feed

Panduan Untuk Membuat Theme WordPress sendiri


PANDUAN UNTUK MEMBUAT THEME WORDPRESS KARYA SENDIRI

Panduan untuk membuat theme   wordpress dengan 3 generator otomatis yang sudah disediakan. Anda tinggal melakukan klik-klik saja. Tool ini bagi orang awam yang tidak mengerti HTML, CSS dan PHOTOSHOP tetapi ingin membuat theme karya sendiri

Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :

  1. Silahkan buka alamat ini atau klik: http://www.yvoschaap.com/wpthemegen/
  2. Konfigurasi tema ,anda akan melihat 2 buah kolom, yang pertama kolom untuk menu dan kedua adalah kolom untuk drop down. Dikolom menu untuk mengatur tampilan sesuai dengan bagiannya tema
  3. Lihat disebelah kiri anda ada tulisan SITE NAME didalam kotak ada tulisan kode #fffff ,kode itu untuk menentukan warna teks yang anda inginkan dan anda bisa memilih warna hanya dengan klik saja disamping kanan kode ##fffff dikotak yang berwarna putih. Sehingga akan muncul warna pilihan anda.
  4. Masih di sebelah kiri anda, anda melihat disebelah kanan #fffff ada kotak dan tulisan WP Generator Blog. Silahkan ganti tulisan “WP Generator Blog” dengan judul website anda misal “Toko Tahu Sumedang” atau terserah anda.
  5. Menentukan Ukuran Body Website. Disana ada tulisan “Body Size” dibawahnya ada kotak dengan tulisan 100&percnt, silahkan klik drop down menu tersebut maka akan muncul keluar berbagai pilihan ukuran :750px, 950px,984px,100&percnt, custom. Jika anda pilih 100&percent ukuran tampilannya satu layar penuh pada browser anda, 984px jika ukurannya tepat 984px dan tidak akan otomatis melebar sesuai dengan ukuran browser. Namun anda juga bisa menentukan sendiri ukuran tema wesite anda dengan memilih CUSTOM. Jika anda pilih CUSTOM silahkan masukan ukuran yang anda inginkan.
  6. SIDEBAR LOCATION, Disini anda bisa menentukan apakah mau memakai sidebar (tampilan kolom disebelah kanan) atau tidak? Kemudian posisi dan ukuran lebar sidebarpun dapat ditentukan. Anda cukup memilih opsi pada combo box yang disediakan. Coba perhatikan dibawah tulisan Sidebar Location anda melihat tulisan Sidebar left 160px. Silahkan crusor anda arahkan tulisan tadi dan anda silahkan pilih sendiri lebar kolom sidebar untuk website anda.
  7. Jika anda memghendaki tema yang lebih dari 2 kolom, maka anda bisa menambahkan pada kolom baru. Dibawah tulisan THIRD COLUMN berbagai macam pilihan.
  8. Menu layout : Mengatur tampilan tata letak menu pada tema. Pilihan MENU LAYOUT yaitu
  • PERTAMA Inline Menu: Pages dan category. Menu yang menampilkan judul halaman dan katagori akan ditampilkan 1lah dll baris.
  • ORIOGINAL : TITELS separated ada: Menu ini ditampilkan dalam bentuk original dengan judul terpisah.
  • Tabs: top page, Judul halaman akan ditampilkan dan katagori yang akan ditampilkan dalam betuk Tabs dan menu titles setelah header.
  • Combo:Tabs and menu titles, judul halaman dan menu ditampilkan dalam bentuk tabs.

9. SCHEME OVERAL (UNTUK MENGATUR SEKEMA TEMA). Dibawah tulisan SCEMA OVERAL terdapat ruangan tulisan “Background”, “Background item”, “Border” dan “Background Menu”. Penjelasan ini dibahas dibawah

  •  Background

Dibawah tulisan background terdapat kode warna seperti kode ini #1A1A1A ,disini anda bisa merobah warna background website anda dengan mengklik kotak kecil disampingnya sehingga muncul berbagai pilihan warna. Dan disamping nya ada tulisan “Flowers (bunga)”, itu untuk background dengan gambar bunga dan anda bisa klik combo box tersebut untuk memilih yang lainnya. Anda akan menemukan beberapa pilihan diantaranya : Flowers blue, overlay, stripes dan lain-lain.
Mari kita lanjutkan, Selanjutnya anda lihat disamping kanan Flowers ada tulisan “repeat” maksudnya perulangan gambar. Berbagai pilihan diantaranya horizontal repeat, vertical repeat, No repeat. Jika anda pilih repeat maka gambar akan dirulang secara horizontal dan vertical.
Selanjutnya anda melihat lagi dibawahnya ada ruangan dengan tulisan

  • • Background item

Disini anda bisa mengatur warna dari bakcground postingan anda. Dan andapun bisa memakai background gambar yang anda inginkan dengan memilih pilihan ”You URL”.
• Border (garis)
Selanjutnya dibagian tulisan BORDER ini anda bisa mengatur border atau garis tepi dari kotak postingan. Disana berbagai pilihan “solid (untuk garis tepi yang solid)”, “dashed (untuk garis tepi berbentuk strip)” sedangkan “dotted” untuk garis tepi berbentuk titik.

10. TEXT SCHEME (Pengatur skema teks)
Anda di ruangan ini bisa mengatur tampilan skema teks mulai dari ukuran, warna dan huruf. Diruangan ini terdapat tulisan :

  • • Text Paragraf

Untuk menentukan ukuran , warna dan jenis huruf untuk paragraph. Disana anda akan melihat beberapa pilihan diantaranya ukuran “Smaller (ukuran kecil” “Bigger (Ukuran Besar)” “Biggest (Paling besar)”
• Link Color
Untuk mengatur warna link dengan pilihan pakai garis bawah atau tidak.
• Link Mouseover
Sama hal pengaturannya, hanya saja hasil pengaturan akan terlihat ketika pointer diarahkan melewat link

• Title Post
Disini dari judul postingan anda bisa menentukan warna huruf dan jenis huruf
• Menu Header
Menentukan warna header menu
• Menu Teks Color
Menentukan warna teks menu
• Menu Mouseovenur Background
Menentukan warna background ketika menu dilewati pointer
• Menu Mouseover Text
Menentukan warna teks menu ketika dilewati pointer
• Menu Spacer
Menentukan warna dan jenis garis space (pemisah) menu
• Footer Color
Menentukan warna teks footer

11. TAG CLOUD
Disini anda bisa menentukan untuk menampilkan awan tag atau tidak. Perlu anda ketahui tag adalah kata kunci yang ditulis diruangan admin post saat menulis postingan atau artikel. Dan tag ini (only with WP 2.3) akan muncul pada engine versi WordPress 2.3 ke atas

12. ARCHIVES & SEARCH (Pengaturan tampilan halaman arsip dan search (pencarian)

13. SAVE & DOWNLOAD
Setela beres semua anda puas dengan karya sendiri, anda bisa melihat drop down tema dengan cara mengklik tombolnya. Anda dapat menyimpannya atau klik tombol save selanjutnya anda akan mendapatkan file-file tema yang di compress menjadi sebuah file berbentuk .zip. Nanti da tampilan star download. Jika anda klik hasilnya berbentuk .zip. Untuk menampilkan themes wordpres karya anda, silahkahkan bisa coba file .zip tersebut uploud ke wordpress anda diruangan themes uploud.

SELAMAT BERKARYA !

ALAT OTOMATIS PEMBUAT TEMPLETE / THEMES YANG KE 2 INI tidak kalah keren karena warnanya lengkap dan bagus.
Anda bisa buka alamat atau klik di: http://www.theme-generator.net./wordpress/

DAN ALAT OTOMATIS PEMBUAT TEMPLETE/THEMES YANG KE 3, Menurut tim lebih keren daripada yang diatas selain berbagai ukuran, pilihan jumlah kolom banyak bisa 1,2,3,4 dan berbagai macam pilihan bentuk seni untuk tampilan sidebar (kayak modern), pilihan menu-menu keren, link, banyak backgroud warna atau photo terserah anda dan disini hasil karya anda akan dibuat juga otomatis kode CSS nya. Baik CSS untu header, content, sidebar dan footer.
Jika anda penasaran, maka untuk lebih jelasnya silahkan buka alamat atau klik di http://www.Csseaz.com/desain.php .
Dan untuk panduan pembuatan theme yang otomatis ke 2 dan ke 3 masih dalam proses, mengingat kesibukan yang luar biasa. Namun, anda boleh mencoba-coba yang ke 2 http://www.theme-generator.net./wordpress/
dan untuk yang ke 3 silahkan anda kunjungi http://www.Csseaz.com/desain.php .

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    template css toko onlinecara membuat member di blogspotcara membuat menu-menu yang banyak bagiannya pada pengaturan csscara membuat menu-menu-menu yang banyak bagiannya pada pengaturan cssstep by step buat tema wordpress 3 kolom right sidebar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More Stories From Dunia Internet dan bisnis online

admin

About admin

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.