KEUTAMAAN BULAN HAJI
Keutamaan bulan haji.
Rosulullah saw, bersabda: “Bagi orang yang beramal dari tanggal 1 s/d 10 bulan haji, mereka sangat dicintai Allah yang tidak ada bandingannya” (Hadits Mujahid dari Ibnu Umar r.a)
Riwayat ibnu Abbas ra, sabda Nabi Muhammad saw.:
Tanggal 1:
Pada hari itu Allah mengampuni Nabi Adam as, maka barangsiapa yang puasa pada hari itu, maka Allah mengampuni setiap dosanya.
Tanggal 2:
Pada hari inilah Allah mengabulkan do’anya Nabi yunus as, yang diselamatkan dari perut ikan hiu, maka barangsiapa yang puasa pada hari itu seolah-olah puasa 1 tahun dengan tidak bermaksiat kepada Allah.
Tanggal 3:
Allah mengabulkan Nabi Zakaria as. Maka barangsiapa yang berpuasa pada hari itu Allah akan mengabulkan do’anya.
Tanggal 4:
Dilahirkannya Nabi Isa as. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah akan menjauhkan dia dari ketakutan dan kemiskinan di akhirat.
Tanggal 5:
Dilahirkannya Nabi Musa as. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu akan selamat dari kemunafikan dan aman dari siksa kubur.
Tanggal 6:
Allah membukakan kebaikan kepada NabiNya, yang berpuasa pada hari itu, akan dilihat oleh Allah dengan penglihatan rohmat dan tidak akan disiksa selamanya.
Tanggal 7:
Hari ditutupnya semua pintu neraka sampai tanggal 10. Maka orang yang berpuasa pada hari itu akan ditutup oleh allah 30 pintu kesusahan dan dibukakan 30 pintu kesenangan.
Tanggal 8:
Hari tarawih/tarwiyah orang yang berpuasa pada hari itu, ganjarannya sangat besar dan tidak ada yang mengetahuinya selain Allah.
Tanggal 9:
Hari ‘Arafah riwayatnya:
1. Nabi Ibrohim yang mengurbankan putranya (Nabi Ismail as)
2. Nabi Adam as. Bertemu dengan Siti Hawa dijabal Rohmah.
3. Nabi Musa as. Dibuka hijab sifat kalamullah.
4. Nabi Muhammad saw. Diturunkannya wahyu penutup yaitu surat al-maidah ayat 3. Orang yang berpuasa pada hari itu ganjarannya/ pahalanya menghapusakan dosa 1 tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang.

Ada 5 du’a sebagai hadiah dari Allah kepada Nabi Musa as dan Nabi Isa as, untuk dibaca pada tanggal 1 s/d 10 di bulan haji. Pahalanya banyak sekali sehingga tidak terhitung.
Du’anya itu adalah: [freemember]
1. Laa ilaaha ilalloohu wahdahu laa syariika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu yuhyiy wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoir wa huwa ‘ala kulli saying qodiir. Artinya: “aku bersaksi tidak ada Tuhan selain allah yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagiNya, bagiNya memiliki kekuasaan, bagiNya memiliki pujian, dzat yang menghidupkan dan mematikan dan dia Maha hidup, tidak mati, padaNya segala kebaikan dan Ia berkuasa atas segala sesuatu”.
2. Asyhadu allaa ilaaha ilallooh wahdahuu laa syaariikalah ilaahan waahidan ahadan shomadan lam yatakhidz shohbatan walaa waladan. Artinya: “aku bersaksi tidak ada Tuhan yang waajib disembah selain allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagiNya. Tuhan yang tunggal yang Esa, tempat bergantung, tidak membutuhkan teman dan anak”.
3. Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu ahadun shomadun lam yalid wa lam yuwlad walam yakul lahuu kufuwan ahad. Artinya: “aku bersaksi tidak ada tuhan yang wajib diembah selain Allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagiNya. Tuhan yang Tunggal, tempat bergantung, tidak beranak dan tidak pula diperanakan dan tidak pula disekutukan oleh seorangpun”.
4. Asyhadu allaa ilaaha ilalloohu wahdahu laa syariika lahuu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyiy wa yuumiitu wa huwa ‘alaa kulli syain qodiir. Artinya: “Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain allah yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagiNya, bagiNya memiliki kekuasaan, bagiNya memiliki pujian, dzat yang menghidupkan dan mematikan padaNya segala kebaikan dan Ia berkuasa atas segala sesuatu”.
5. Hasbiyalloohu wa kafaa sami’al loohu liman da-‘aa laisa wa roo-alloohi muntahaa. Artinya: “Cukuplah allah sebagai penolong bagiku, allah mendengar kepada orang yang berdo’a. tidak ada akhirnya bagi Allah.

Langganan gratis artikel terbaru melalui email:

Gratis!Masukan email anda untuk langganan artikel:

Delivered by FeedBurner

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    makalah tentang puasafaedah puasa mutihBulan hajipuasa putihpuasa mutihpuasa ngrowotmakalah tentang bulanmakalah bulanmakalah puasamakalah tentang hajikeutamaan bulan hajihikmah puasa mutihngrowotrangkuman ceramahmakala nabi musakeutamaan puasa mutihkeutamaan puasa putihcontoh dakwahmakalah hajiarti puasa mutih