Go to ...

DAI KEMBAR

Dunia Ilmu Pengetahuan Islam dan Umum

RSS Feed

Kehendak, kekuasaan dan perbuatan manusia


PEMAHAMAN: KEHENDAK, KEKUASAN DAN PERBUATAN MANUSIA MENURUT PARA MUTAKALIMIN

 

Pemahaman, kehendak, kekuasaan, perbuatan, manusia, mutakalimin, ahi kalam, ilmu kalam.

Mu’tazilah

Menurut aliran ini bahwa manusia memiliki kebebasan kehendak terhadap segala sesuatu,berkuasa untuk mewujudkan perbuatannya. Dan manusia mempunyai kekuasaan atas kesanggupan untuk mewujudkan perbuatannya bisa dipahami ada perintah-perintah Tuhan, janji dan ancamanNya, pengutusan para Rosul.  Dengan kesimpulan bahwa  kehendak, kekuasaan  dan perbuatan manusia adalah mutlak.

Salafiyah

Manusia mempunyai kebebasan dan kehendaknya untuk melakukan perbuatan untuk mencari jalan yang membawa kebahagiaan, namun bahwa qudrat Allah itulah pangkal pokok segala qudrat. Artinya kadang kala Tuhan menghalangi manusia dari apa yang dikehendakiNya.

‘Asy’ariyah

Golongan ini berfahaman yang menjadikan perbuatan manusia adalah Qudrat Allah, tetapi besertanya pula qudrah manusia.. Qudrah Allah yang sebenarnya memberi bekas, qudrah manusia tidak memberi bekas apa-apa.

Dengan begitu perbuatan manusia bukanlah diwujudkan oleh manusia itu sendiri, melainkan ciptaan Tuhan. Tetapi dalam mewujudkannya manusia mempunyai bagian, walaupun bagian itu tidak efekti, yang disebut al-kasbu. Dengan alkasbu itu manusia bertanggung jawab atas segala akibat baik buru perbuatannya.

Maturidiyah Samarkand dan bukhara

Menurut golongan ini bahwa yang menerbitkan perbuatan itu adalah dua qudrah yaitu Qudrah Tuhan dan Qudrah manusia.

Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dan serta menetapkan ukuran-kurannya (qadar), termasuk qadar baik dan buruk namun manusia yang memiliki akal diberi kebebasan untuk melakukan pilihan,

BAGAIMANA MENURUT PANDANGAN ANDA?


Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    aliran ilmu kalam dan tokohnyacontoh mutazilahcontoh aliran mutazilahpengertian qudratmakalah perbuatan allahmakalahperbuatan perbuatan tuhanPengertian Maturidiyahmakalah ilmu ketuhanankonsep perbuatan manusiaarti kekuasaan allah

Tags: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More Stories From Ilmu Kalam

admin

About admin

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.