Go to ...

DAI KEMBAR

Dunia Ilmu Pengetahuan Islam dan Umum

RSS Feed

Fungsi atau kedudukan wahyu dan akal dalam pandangan para ahli kalam


Fungsi atau kedudukan wahyu dan akal dalam pandangan para ahli kalam yaitu:

  1. MU’TAZILAH

Menurut aliran ini bahwa akal diatas wahyu, aliran ini sangat memuji akal dibandingkan dengan ayat-ayat suci al-qur’an dan hadits-hadits Nabi.

Jika ada permasalahan apapun ditimbang dahulu dengan akalnya, mana yang tidak sesuai dengan akalnya atau berlawanan dengan akalnya dibuang, walaupun ada Qur’an dan Hadits  yang bertalian dengan masalah tersebut .

  1. SALAFIYAH

Menurut kelompok salafiyah bahwa kedudukan wahyu yang lebih tinggi dibandingkan dengan akal.

Alasannya karena jalan untuk mengetahui aqidah dan hukum-hukum dalam Islam baik yang pokok maupun cabang itu bersumber Al-Qur’an dan hadits Nabi. Apapun yang telah ditetapkan oleh Allah dalam Al-qur’an dan sunnah harus diterima dan tidak tolak. Akal tidam diberi kemampuan untuk menafsirkan atau menakwilkan al-qur’an kecuali pada batas-batas yang diizinkannya oleh kata-kata untuk menakwilkan atau menafsirkan yang dikuatkan pula oleh hadits. Setelah itu kegunaan akal hanyalah sebagai penguat  untuk membenarkan dan menjelaskan Al-Qur’an bukan sebagai hakim yang mengadili.

Dengan demikian menurut salafiyah wahyu dan akal tidak boleh berdiri sendiri satu sama lain.

  1. ASY’ARIYAH

Menurutnya Wahyu dan hadits adalah hal yang pokok, sebagai sedang fungsi akal adalah sebagai penguat nash-nash  Wahyu dan Hadits.

Asy’ari Sendiri tidak bisa meninggalkan akal dan argumentasi pikiran. Namun beliau juga sangat mengingkari dan menentang keras yang berlebihan menghargai akal pikiran

  1. MATURIDIYAH SAMARKAND DAN BUKHARA

Menurutnya, bahwa kedudukan wahyu dan akal itu sejajar atau seimbang. Dan akal itu bisa juga mengetahui kebaikan dan keburukan. Dengan kata lain suatu perbuatan sebagiannya dapat diketahui tentang  kebaikannya dengan akal semata-mata tetapi juga sebagiannya tidak dapat diketahui keburukannya oleh akal dan sebagiannya tidak jelas kebaikan dan keburukannya oleh akal, hanya bisa diketahui dengan wahyu dan hadits.

BAGAIMANA MENURUT PANDANGAN ANDA TEHADAP PEMAHAMAN MEREKA?

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    fungsi ilmu kalamkedudukan wahyu dalam islamfungsi dan kedudukan ilmu kalamfungsi akal dan wahyukedudukan akal dan wahyufungsi wahyumanfaat ilmu kalamfungsi pokok akal dan pikirankedudukan akal dan wahyu dalam islamkedudukan dan fungsi akal

Tags: , , , , , ,

2 Responses “Fungsi atau kedudukan wahyu dan akal dalam pandangan para ahli kalam”

  1. 25 Desember 2010 at 01:03

    Nice site, nice and easy on the eyes and great content too.

  2. ZUMIE
    20 Mei 2011 at 07:15

    menurut qu wahyu di atas daripada akal…karena wahyu adalah hal yang pokok turun dari Allah,sedangkan akal digunakan untuk menjalankan wahyu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More Stories From Ilmu Kalam

admin

About admin

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.