Go to ...

DAI KEMBAR

Dunia Ilmu Pengetahuan Islam dan Umum

RSS Feed

Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)


Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com

Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya

As-Sayyid Al-‘Alamah Al-‘Arif billah Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin ra (Abah Anom )

DAI KEMBAR abah-anom55 Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Mursyid TQN dan Abah Anom  suryalaya abah anom suryalaya pontren suryalaya penghargaan PBB penghargaan mursyid TQN Mursyid Thorekat Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Suryalaya   PENGASUH Pontren Suryalaya K.H.   Ahmad   Sohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom) menerima ucapan selamat dari sejumlah pejabat atas diterimanya penghargaan dari IFNGO Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait pengabdiannya membantu pemulihan korban narkoba, di Pontren Suryalaya Kab. Tasikmalaya, Kamis (8/1).* UNDANG SUDRAJAT/”PR” BERAWAL dari keprihatinan yang dirasakan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Suryalaya K.H. Ahmad Sohibulwafa Tajul Arifin (94), melihat banyaknya anak muda yang terjerumus narkotika, kiai yang akrab dipanggil Abah Anom tersebut mendirikan pondok pesantren khusus yang bernama Inabah. “Inabah pertama yang didirikan oleh Abah Anom yaitu pada tahun 1980,” kata Juru Bicara Pondok Pesantren (Pontren) Suryalaya K.H. Zaenal Abidin Anwar, di Suralaya, Kab. Tasikmalaya, Kamis (8/1). Setelah melalui berbagai kajian, termasuk seminar pencegahan narkotika di Pontren Suryalaya, akhirnya Abah Anoh berkekuatan hati untuk membuat pondok pesantren khusus bernama Inabah. Arti nama pontren tersebut adalah pengembalian atau pemulihan seseorang dari jalan yang menjauhi Allah ke jalan mendekatkan diri kepada Allah. Karena keteguhan serta keikhlasan Abah Anom, upaya penyelamatan korban narkoba tersebut akhirnya membuahkan hasil. Mereka yang kecanduan narkoba bisa pulih seperti semula. Dalam pemikiran Abah Anom, orang yang sedang mabuk, yang jiwanya sedang guncang dan terganggu, diperlukan metode pemulihan (inabah). Mereka yang mengikuti program Inabah harus ikut kegiatan sepanjang 24 jam. Kurikulum pembinaan yang ditetapkan oleh Abah Anom mencakup mandi dan wudu, salat dan zikir, serta ibadah lainnya. Biasanya, waktu pemulihan antara 40 hari sampai 6 bulan Cara Abah Anom akhirnya berkembang pesat serta banyak dipercaya oleh berbagai pihak, sehingga banyak keluarga yang menitipkan saudara atau anak mereka ke Inabah. Jumlah pondok Inabah sekarang sudah berkembang menjadi 31 pondok, termasuk sembilan di antaranya berada di luar negeri. Lebih dari 5.000 orang yang kecanduan narkoba, berhasil pulih kembali setelah masuk Inabah. Abah Anom berusaha dengan sabar membina anak-anak yang jadi korban narkoba tersebut. Setelah 28 tahun berjalan, apa yang dilakukan Abah Anom mendapat pujian dari berbagai pihak. Abah Anom pernah memperoleh penghargaan dari presiden, atas jasanya membantu pemulihan korban narkoba.

Januari 2009, penghargaan piagam emas “Distinguished Service Awards” juga diberikan kepada Abah Anom oleh International Federation of Non-Government Organisations (IFNGO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Piagam emas yang merupakan puncak prestasi tertinggi dalam pengabdian seseorang membantu memulihkan korban narkoba, terlihat dipajang di dinding ruangan tamu rumah Aba Anom. Piagam tersebut diberikan di Australia oleh Charmain IFNGO Dr. K.C. Lam kepada perwakilan Suryalaya Jakarta, Ir. Ucu Suparta . Apa yang dilakukan Abah Anom dinilai telah menyelamatkan nyawa serta masa depan anak-anak yang jadi korban narkoba.

Hidup normal

Berdasarkan hasil penelitian Dr. Juhaya S. Praja, tahun 1981-1989, sebanyak 93,1% dari 5.845 anak binaan yang mengikuti program di Inabah, bisa dikembalikan ke keadaan semula. Selain itu, mereka dapat kembali hidup di tengah masyarakat dengan normal. Kondisi itu yang membuat berbagai lembaga memberikan penghargaan kepada Abah Anom. “Kita bersyukur bisa menerima piagam penghargaan dari PBB. Piagam itu merupakan pengakuan dari dunia atas kerja keras yang dilakukan oleh Abah, dalam membantu menangani korban narkoba,” kata K.H. Zaenal Abidin Anwar.

Sementara itu, Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Timur Pradopo mengatakan, penghargaan diberikan PBB kepada Abah Anom adalah hal yang luar biasa. Artinya, dunia sudah memberikan penghargaan tentang apa yang telah dilakukan oleh Abah Anom selama ini, dalam pengabdiannya untuk membantu memulihkan korban narkoba. “Itu luar biasa sekali. Guru besar Abah Anom telah memberikan teladan kepada kita semua. Sekarang, kita semua yang meneruskannya, harus benar-benar menjaga keluarga kita, lingkungan kita dari narkoba,” ujar Timur Pradopo saat berkunjung ke Pontren Suryalaya. Sedangkan Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim mengatakan, penghargaan dari PBB tersebut merupakan kebanggaan bagi warga Tasikmalaya. Karena terbuki, pengabdian dan kiprah pengasuh Suryalaya telah mendapat pengakuan dari lembaga dunia. “Saya dan atas nama masyarakat Tasikmalaya benar-benar bangga, dan hal itu menjadi aset kita semua. Apa yang dilakukan oleh Suryalaya benar-benar telah memberikan manfaat dan diakui oleh dunia,” kata Tatang, didampingi Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. Ucapan serupa dikemukakan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Sosial Brigadir Jenderal Kurdi Mustofa, yang datang ke Suryalaya mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Saya sangat gembira dan bangga terhadap Pontren Suryalaya, yang ternyata memang mampu berbuat banyak untuk masyarakat luas. Sehingga, upaya perang terhadap narkoba dilakukan dengan sepenuh hati. Dengan adanya penghargaan dari PBB itu telah membuktikan kalau keberadaan pesantren ini telah diakui dan tentunya menjadi kebanggaan bagi Indonesia,” ujarnya. (Undang Sudrajat/”PR”)***

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

    kliping narkobapengertian kalkulatorgambar narkobakliping tentang narkobagambar korban narkobagambar napzapuasa 40 hari dalam islamkalkulator arti namapengertian narkoba dan gambarnyakumpulan kliping narkoba

Tags: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More Stories From Mursyid TQN dan Abah Anom

admin

About admin

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.